Mudah, Ternyata Begini Cara Membuat Taman Sendiri di Rumah



Hebat.. Ternyata begini cara membuat taman minimalis sendiri di rumah dengan sangat mudah dan modal yang murah.


Tamanpedia - Membuat taman yang indah dirumah yang dikerjakan sendiri memang susah-susah-gampang. Kita harus memahami setidaknya jenis-jenis tanaman hias yang cocok dan model taman itu sendiri.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membuat taman sendiri pada halaman rumah kita, seperti memikirkan tipe taman yang akan dibuat, menyiapkan dan merapikan lahan, memilih jenis tanaman hias, serta unsur pendukung lainnya.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat taman sendiri di rumah..

Baca Juga : Tukang Taman Jakarta

.

.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis atau konsep taman yang akan dibuat.

Sebelum menentukan style taman yang akan dibuat, kita harus melihat kondisi rumah dan luas halaman yang kita miliki, apabila kita mempunyai tipe rumah minimalis, maka kita juga akan membuat taman minimalis..

Apabila kita memiliki halaman rumah yang agak luas, kita bisa memilih konsep taman bali, taman tropis atau taman jepang. Lain hal nya juga jika memilih konsep taman sesuai apa yang kita inginkan, seperti taman vertikal, taman kolam, dan sebagainya.

Baca Juga : Pembuatan Taman Konsep Taman Vertikal

 taman vertikal

Gambar taman vertikal

Kedua : Menyiapkan dan merapikan lahan

Setelah menentukan konsep taman yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dan merapikan lahan yang akan dijadikan taman.

Merapikan lahan bisa dilakukan dengan membuang tanaman atau rumput liar yang tumbuh dan menggemburkan atau meratakan tanah dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya.

Ketiga : Memilih jenis tanaman yang cocok

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bagus untuk dijadikan taman, misal tanaman palem, tanaman kamboja, tanaman bonsai, tanaman peneduh, tanaman bunga, tanaman berdaun warna warni, dan lain sebagainya.

Misalnya kita ingin membuat taman minimalis, maka pilihlah tanaman hias seperti pohon bonsai, tanaman bunga, tanaman daun berwarna warni. Jika membuat taman tropis atau taman bali, maka gunakan pohon yang rimbun, pohon kamboja, atau tanaman palem.

taman minimalis

Gambar konsep taman minimalis

Untuk pembuatan taman jepang, pilihlah pohon bunga yang berukuran besar, misalnya pohon bunga sepatu, jasmine dan memperbanyak unsur bebatuan di dalamnya.

.. Untuk taman vertikal, cari pohon yang bisa merambat dan memiliki bunga atau daun yang berwarna-warni dan unik.

Baca Juga : Jual Macam-macam Tanaman Hias Online dengan Harga Murah

Setelah semua telah disiapkan, selanjutnya taman siap dikerjakan.

Menambahkan unsur taman lainnya

Untuk menambah keindahan dan kenyamanan taman, kita bisa menambahkan unsur taman lainnya seperti pembuatan kolam ikan atau kolam minimalis, pemasangan saung, steping, batu candi, dan lain-lain.

Pembuatan kolam ataupun saung memang membutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya. Tapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah banyak jasa pembuatan kolam dan jasa pembuatan saung.

Baca Juga : - Jasa Pembuatan Kolam Harga Terbaik

 - Jasa Pembuatan Saung Murah

Finishing

Langkah terakhir yang dilakukan adalah yang harus dilakukan secara rutin, yaitu merawatnya. Setelah taman dibuat, hal yang paling penting adalah menyiramnya secara rutin dan menyeluruh. Hal ini dilakukan sampai tanaman benar-benar bisa dipastikan hidup. Karena tanaman yang baru ditanam memang harus dijaga perawatannya agar tidak terjadi pohon stress, layu atau bahkan mati.

Setelah semua tanaman sudah dipastikan hidup, penyiraman bisa dilakukan agak lebih jarang atau siram saat cuaca sedang kering saja.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuat taman sendiri dirumah?

Itulah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat taman sendiri dirumah. Namun jika anda tidak mau repot-repot membuat taman, sekarang sudah banyak kok tukang taman yang menyediakan jasa taman secara profesional.

 

Telepon Whatsapp SMS